Instalasi Android 2.2

7 Mar

Android merupakan OS baru yang di ciptakan oleh google untuk menyaingi windows, symbian, dan beberapa OS milik manufacture lain. Karena OS baru, banyak yang pingin tau dan pingin mencoba, begitu juga teman saya yang menyampaikan pertanyaan tentang instalasi android, saya jadi tergelitik untuk mencoba install android lagi. Sebelumnya saya sudah pernah coba install live android melalui flashdisk, berhasil, tapi tidak melakukan dokumentasi, jadi tidak ingat link downloadnya dari mana saja J, tetapi file master android 1.5 masih, jika ada yang tertarik, silahkan kontak saya.
Android merupakan OS baru yang di ciptakan oleh google untuk menyaingi windows, symbian, dan beberapa OS milik manufacture lain. Karena OS baru, banyak yang pingin tau dan pingin mencoba, begitu juga teman saya yang menyampaikan pertanyaan tentang instalasi android, saya jadi tergelitik untuk mencoba install android lagi. Sebelumnya saya sudah pernah coba install live android melalui flashdisk, berhasil, tapi tidak melakukan dokumentasi, jadi tidak ingat link downloadnya dari mana saja J, tetapi file master android 1.5 masih, jika ada yang tertarik, silahkan kontak saya.

Berikut panduan untuk mencoba install android di Virtual box dan di PC

Langkah :

  1. Buka link http://code.google.com/p/android-x86/downloads/detail?name=android-x86-2.2-generic.iso&can=2&q=
  2. Download file iso android 2.2, 82.4mb
  3. Saya mencoba untuk menjalankan di virtual box dulu, siapkan mesin virtual di virtual box. OS saya pilih other. Virtual box yang saya set sesuai dengan gambar berikut:
  4. Run VM kita, saya set akan booting dari CD image iso yang telah kita download. Set sesuai dengan gambar berikut:

  5. Lakukan reset VM, muncul halaman depan booting android, saya memilih Instalasi.
  6. Lakukan instalasi android. Langkah instalasi tidak saya jelaskan detil, tahapannya adalah menyiapkan storage ( partisi), memilih lokasi partisi, Format partisi, dan install.
  7. Jika sudah, pastikan bahwa iso tersebut tidak di load lagi, dengan menghilangkan tanda iso, sesuai dengan gambar berikut:
  8. Reset VM, dan android 2.2 akan running di vm anda. Berikut beberapa tampilan nya:


Pada percobaan berikutnya, saya mencoba untuk running android live atau coba install di laptop saya. Langkah:

  1. Siapkan flashdisk (kosong) untuk booting android. Pada ujicoba ini saya memakai flashdisk. Jika anda ingin menggunakan CD, silahkan, iso android yang telah di download di burn di CD.
  2. Siapkan tool untuk memindahkan ISO ke flashdisk. Saya menggunakan unetbootin. Informasi mengenai ini bisa diakses di http://unetbootin.sourceforge.net/, dan tool bisa di download di http://unetbootin.sourceforge.net/unetbootin-windows-latest.exe
  3. Saya jalankan tool unetbootin, saya pilih diskimage, saya pilih iso android yang telah di download. Utk type saya pilih usb drive, dan saya pilih drive usb yang telah saya colokkan, sesuai dengan gambar berikut:

    jika sudah, klik OK. Proses pemindahan iso akan berjalan.
  4. Jika sudah, lakukan booting dari flashdisk. Untuk ini anda harus ubah bios komputer/laptop agar booting dari flashdisk.
  5. Saya mencoba pilih live, dan hasinya android melakukan booting dengan cepat, dan sistem online.

Silahkan mencoba.

2 Responses to “Instalasi Android 2.2”

  1. agus23 March 18, 2011 at 10:08 am #

    saya sudah melakukan live usb, dan berhasil. Tapi saya bingung cara menuju yang ada gambar speaker dan kunci gmbk dan tulisan ”No Service” ke tampilan yang ada tulisan ”see all your apps” bagaimana ya caranya moho infonya.

    • kautsarsophan March 22, 2011 at 2:07 pm #

      arahkan kursor ke gambar kunci, klik kiri, tahan, drag ke arah atas sampai ke arah titik hitam.

Leave a Reply

