Archive | Foody RSS feed for this section

Mie Mapan Sidoarjo

18 Dec

Mie mapan adalah salah satu restoran mie yang terkenal di Surabaya. Beberapa waktu yang lalu, mie mapan buka cabang di Sidoarjo. Mie mapan sidoarjo kota berlokasi di jalan raya ponti.

Pada malam ini saya dan istri ingin mencoba mie mapan yang legendaris di Surabaya.
Ruangannya cukup nyaman, setting lampu kuning terkesan hangat.

di sisi tembok di pajang beberapa foto menu mie. Ada mie ayam kare, mie ayam jumbo, mie ayam asam manis.. kapan-kapan layak di coba.

 

ada banyak meja, bisa menampung sekitar 50 orang. Ada juga ruang khusus, mungkin bisa di sewa kalau kita mau rapat.

Setelah melihat pilihan variasi mie, saya mencoba memesan mie babat dan istri menyesal pangsit mie ayam original. Minum yang saya pesan es teh, dan istri memesan jeruk hangat.

Setelah beberapa saat pesanan minuman kami datang. Sempat kaget dengan porsi es tehnya, ternyata porsi jumbo. Sesuai dengan harganya.

Beberapa saat kemudian, mie pesanan kami datang. Kuahnya di pisah. Mie pangsit babat porsi lebih banyak, dengan kuah yang lebih gelap. Potongan babatnya banyak dan lembut.
Mie pangsit biasanya juga rasanya OK.

Untuk harga, karena labelnya restoran, ya memang sedikit mahal.

Sekian review kami, bisa di coba kalau pingin merasakan mie pangsit ayam mantap.

Advertisements

Tengkleng Gajah Yogyaakarta

12 Sep

Pada sore ini saya mendarat di yogyakarta, acara pelatihan. Dari Bandara langsung di jemput, dan diajak makan malam, dan pilihan jatuh ke makanan daging kambing, tenkleng Gajah. Restoran ini cukup terkenal, berlokasi di Jalan Kaliurang Timur Yogyakarta. Tempat Makan ini cukup besar dan pasti akan terlihat dari pinggir jalan, kareng ada tulisan yang cukup besar “Tengkleng Gajah”.

Begitu masuk, kita bisa langsung pesan di konter / loket pemesanan. Tempat makannya cukup luas. Di salah satu meja ada nasi, piring, dan alat makan. Jadi nasi nya kita boleh ambil sendiri, bebas sepuasnya.

Menunya beragam dan serba daging kambing. Ada Tengkleng dengan berbagai variasi kuah, ada sate, ada tongseng, jeroan dan nasi kambing. Kami pesan tengkleng, tongseng, dan sate.

Tidak berapa lama (kurang dari 15 menit), pesanan kami datang. Cukup kaget juga karena biasanya makanan olahan daging agak lama menyiapkan menunya, tampaknya menu makanan sudah siap dan tinggal ambil aja.

Langsung saja kami santap, rasanya enak dan ok, sampai nggak kuat perut..

 

Well, layak untuk di kunjungi lagi, tengkleng Gajah.

Waffle in Surabaya

12 Sep

Hari minggu ini kami jalan-jalan ke Surabaya. Setelah beberapa hari sebelumnya makan waffle, saya jadi kepingin lagi, waffle nya enak.

Tempat tujuan kami adalah BeCafe yang berlokasi di daerah SMA Kompleks, tepatnya di jl BKR Pelajar Surabaya. Tempatnya cukup nyaman, dengan harga yang tidak terlalu mahal, dibawah 25ribu per menu.

Menu pertama yang kami pesan dan datang duluan adalah fresh milk. Rasanya enak tenan, ada busanya, jadi ketika di minum memunculkan sensasi gelembung busa dengan rasa yang dingin, segar, dan manis susu. Mantap.

Menu berikutnya adalah milshake. Standard lah dengan menu milkshake yang dijual di tempat lain. Kualitas susu ok (yang murah kadang terasa encer / banyak airnya / banyak es nya), rasanya pas.

menu selanjutnya yang datang adalah ayam geprek. Beberapa bulan terakhir menu ayam geprek (chicken punch with sambal / chili) jadi trend di Surabaya. Menu yang kami pesan ayam geprek nasi dan ayam geprek mie. Sama-sama menggunakan ayam geprek, bedanya ya nasi dan mie nya. Setelah kami coba, ayamnya empuk, sambalnya super pedas, mantap lah.

Selanjutnya yang ditunggu datang juga, saya pesan wuffle dengan adonan red velvet, ice cream strawberry, dengan sirup blueberry, dan topping choclate kitkat. Harga total kurang dari 20rb. Rasa, mmmmmmmm, pingin mampir lagi kapan2.. enak.

That’s all, kalau mau jajan dan bingung mau makan apa, bisa mampir di beeCafe. Cafe ini juga menyediakan pizza dan spaghetti, kapan2 perlu dicoba.

 

ciao..

Ikan Bakar Kalimantan

29 Aug

Beberapa hari sebelumya saya dan ‘rafi’ touring motor dari batu ke sidoarjo, dan melewati arteri porong. Setelah menyebrang sungai porong, kiri jalan (arah sidoarjo), saya bertemu tempat makan baru yang namanya mengingatkan ku pada ikan yang di masak di dalam bambu, warung ikan bakar kalimantan.. wah warung baru.. Tidak sempat mampir karena sudah mendekati waktu maghrib.

Beberapa hari kemudian, bersama keluarga kita niat mau test warung ini, langsunglah kami menuju ke lokasi warung yang terletak di arteri porong.

Tempatnya asik, penuh lampu. Sebagian besar outdoor, dan ada juga yang indoor di bagian tengah. Tempatnya luas.

Penampakan menu kurang meyakinkan, sampai istri bertanya-tanya, ini enak apa nggak.. Menunya bervariasi (jika melihat nama warungnya), di menu tersedia nasi goreng, udang, cumi, mie, karedok, sayuram, dan tentu saja, ikan. Untuk minuman juga bervariasi, kelapa muda, teh, jeruk, dsb.

well, udah terlanjur datang, kita pesan ikan bakar gurame pedas, ikan gurame asam manis, dan patin bakar bambu..

Setelah menunggu tidak terlalu lama, minuman datang, tidak lama kemudian, makanan datang. Penampakannya meyakinkan.

Dan setelah di cuil, rasanya mantap, nilai 8/10. Gurami bakar enak – rasa manis pedas, gurami asam manis bumbunya ok, patinnya standar lah. Harga ikan berkisar dari 50rb s/d 65rb, harga standar.

So, kalau pingin coba makan ikan, bisa coba mampir ke warung ikan bakar kalimantan. kalau saya, mau balik lagi nggak…. .ya iyalah.. terutama kalau perjalan dari batu pulang ke sidoarjo, bisa jadi referensi.

warung sate cak lam

22 Jun

Siang sepulang dari kampus, tiba-tiba ingin mencoba warung sate yang sempat di share oleh teman. Lokasi di sekitar pondok candra. Motor saya arahkan ke alamat yang saya dapatkan dari Google maps, jalan Jambu 6, waru.

Setelah parkir, saya masuk warung yang cukup ramai. Saking ramainya, saya sampai harus berbagi meja dengan pak pembeli lain.

Langsung saya menuju ke ibu yang berpenampilan seperti manager warung..

a: bu, pesan sate,
b: berapa?
a: 1 porsi
b: (pandangan selidik), sendirian?
a: ya.?
b: oo.. 3 tusuk ae, nggak habis sampeyan

ok deh, ngikut aja, kok cuma 3 tusuk. Jadi saya pesan sate 3 tusuk, gule (setelah bayar baru tahu, gule saya setengah porsi), nasi, dan es degan.

Setelah menunggu sekitar 10 menit, pesanan saya datang.

dan terjawab sudah, ternyata ukuran satenya jumbo.

berikut penampakan meja sebelah yang pesan 1 porsi.

Rasa bumbu, ok. Bakaran satenya mateng. Daging cukup lunak, 90% daging, minim lemak. Kalau menurut saya, rasa tidak terlalu istimewa, yang bikin beda ya ukuran nya.

Setelah selesai makan, saya bayar habisnya 90rb. Bagi penggemar sate kambing, mungkin bisa mencoba dengan variant baru, sate jumbo.

Fyi, selain sate kambing, warung ini juga jualan sate ayam. Untuk pesan sate kambing minimal 3 tusuk, harga per tusuk 15rb.