Archive | Foody RSS feed for this section

Bakso Empal Sapi

3 Feb

Hai penikmat Bakso !! Hari ini saya harus jemput istri, tapi masih nunggu jam jemputnya masih lama.. Kebetulan lewat di daerah Seruni, dan menemukan Bakso Empal Sapi.. Dari namanya saja sudah membayangkan full daging empal yang empuk.

Bakso ini berlokasi di jalan nangka. Sebagai acuan, dari jalan raya Sidoarjo Surabaya, nanti ketemu Yon Arhanudse. Teman-teman belok *sebelum* Yon Arhanudse. Atau bisa juga acuannya belokan setelah indomart seruni. Nah, setelah belok, itu jalan nangka. Dari Belokan itu, masuk sekitar 500 meter, di kanan jalan akan ada tulisan Bakso empal Sapi. Jalan salah warung ya, karena sebelum warung Bakso ini, juga ada warung bakso lain.

map

Tempatnya cukup luas. Sayangnya, agak panas dalamnya ya, mungkin karena atap menggunakan gavalum.

Kalau mau pesan, langsung datang ke kasir, sebutkan pesanannya, bayar, dan tunggu di meja. Dan, perlu mempertimbangkan porsi ya, karena ini full daging.. jadi makannya terasa kenyang 🙂 Saya pesan 1 mangkok bakso campur dan es juice apukat.

Pesanan datang. Yang saya nikmati pertama kali adalah apukatnya. Juice apukatnya kental, manis, dan mantap pokoknya.

Kemudian baksonya, full daging dengan rasa yang gurih asin, pas rasanya. Kuahnya juga mantap.

Harga makanan standarlah ya… 1 mangkok bakso campur 10rb, dan 1 gelas besar juice apukat 12rb. Jadi teman-teman penggemar bakso, bisa coba warung ini ya. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya, Ayo Makan Sehat !!!

Tahu Tek Cak Sodiq Sidoarjo Mantap

3 Feb

Hai rekan-rekan pembaca semua. Pada kesempatan kali ini saya sharing kunjungan makan saya ke salah satu kuliner tradisional yang ada di Sidoarjo. Nama makanannya Tahu Tek. Tahu tek ini adalah makanan yang terdiri dari tahu, telor dadar, kentang, cambah, dan di beri bumbu yang merupakan campuran dari kacang, petis, garam, lombok…

Sebenarnya banyak penjual tahu tek keliling, namun pada kesempatan ini, saya mengunjungi tahu tek langganan saya, namanya Tahu Tek Cak Sodiq. Lokasinya di daerah sekardangan, di jalan Wijaya Kusuma. Teman-teman kalau mau mampir bisa cek di google maps ya. Sebagai acuan lokasi, bisa cari Kantor Pengadilan Agama Sidoarjo.

Warungnya ini warung semi permanen ya, lokasi dipinggir jalan, jadi masuk kategori stree food lah. Kita bisa langsung melihatnya pak nya menyiapkan tahu tek pesanan kita.

Apa yang spesial dari Tahu Tek ini ? Saya suka dengan rasanya, bumbunya pas. Rasanya OK. Dan porsinya banyak. Kalau saya makan sendiri, biasanya nggak habis, jadi harus berdua. Harga sesuai dengan porsinya, 1 porsi 15 ribu rupiah.

So, silahkan kalau rekan-rekan mau mencoba, mungkin tulisan saya ini bisa digunakan untuk referensi. C U in my next post. Ayo Makan Sehat !!

Sop Janda Sidoarjo

2 Feb

Pada kesempatan ini kami mencoba tempat makan siang baru. Namanya RM Sop Jawa Sunda. Saya dapat informasi tempat makan ini dari teman, dan langsung ‘terpancing’ karena ada kata-kata ‘kambing’nya :).

RM Sop Jawa Sunda ini terletak di deretan Ruko Perumahan GreenPark Sidoarjo, di jalan Gebang Raya. Tempat makan ini terletak di salah satu ruko. Dari depan terpampang tulisan “Chef Kamil- RM Sop Jawa Sunda”.

Begitu masuk, kesan yang kami rasakan, tempatnya cukup, tidak luas, juga tidak sempit. Cukup untuk makan 4 keluarga (20 orang).


Sop Jawa Sunda ? apa ini ? Saya sendiri belum pernah coba, karena penasaran saya googling dulu, dan kemudian dapat kosakata ‘sop janda’ (sop jawa sunda). Ternyata menu ini cukup trend juga.

Begitu kami masuk dan duduk, kami disodori menu. Setelah interview singkat dengan pramusaji, dan setelah mempelajari menu yang diberikan, kami mencoba pesan 3 menu, 1 sop buntut menetap (tidak pedas), sop buntut menetap segar1, sop kambing berlayar, dengan minum 1 es teh dan 1 jeruk hangat. Ada kata-kata dari pramusaji yang bikin saya deg-degan, ‘mohon menunggu, makanan kami siapkan…’, wah, jangan-jangan lama nih.

Tidak menunggu lama, minuman datang. Dan tidak lama juga, makanan datang, lengkap. Ternyata perkiraan saya salah, penyiapan menunya cukup cepat, mungkin sop nya sudah setengah hangat.

Langsung saja kami nikmati makanan yang kami pesan. Kuahnya segar, rasa mantap, daging empuk. Sesuai dengan ekpetasi. Bumbunya pas, tidak terlalu asin, tidak terlalu tawar. Pas lah. Cocok untuk makan siang / malam, atau mungkin untuk terapi yang sedang sakit flu atau demam. Sop Janda mantap.

Food Review
ocal_sophan@yahoo.com

Mie Mapan Sidoarjo

18 Dec

Mie mapan adalah salah satu restoran mie yang terkenal di Surabaya. Beberapa waktu yang lalu, mie mapan buka cabang di Sidoarjo. Mie mapan sidoarjo kota berlokasi di jalan raya ponti.

Pada malam ini saya dan istri ingin mencoba mie mapan yang legendaris di Surabaya.
Ruangannya cukup nyaman, setting lampu kuning terkesan hangat.

di sisi tembok di pajang beberapa foto menu mie. Ada mie ayam kare, mie ayam jumbo, mie ayam asam manis.. kapan-kapan layak di coba.

 

ada banyak meja, bisa menampung sekitar 50 orang. Ada juga ruang khusus, mungkin bisa di sewa kalau kita mau rapat.

Setelah melihat pilihan variasi mie, saya mencoba memesan mie babat dan istri menyesal pangsit mie ayam original. Minum yang saya pesan es teh, dan istri memesan jeruk hangat.

Setelah beberapa saat pesanan minuman kami datang. Sempat kaget dengan porsi es tehnya, ternyata porsi jumbo. Sesuai dengan harganya.

Beberapa saat kemudian, mie pesanan kami datang. Kuahnya di pisah. Mie pangsit babat porsi lebih banyak, dengan kuah yang lebih gelap. Potongan babatnya banyak dan lembut.
Mie pangsit biasanya juga rasanya OK.

Untuk harga, karena labelnya restoran, ya memang sedikit mahal.

Sekian review kami, bisa di coba kalau pingin merasakan mie pangsit ayam mantap.

Tengkleng Gajah Yogyaakarta

12 Sep

Pada sore ini saya mendarat di yogyakarta, acara pelatihan. Dari Bandara langsung di jemput, dan diajak makan malam, dan pilihan jatuh ke makanan daging kambing, tenkleng Gajah. Restoran ini cukup terkenal, berlokasi di Jalan Kaliurang Timur Yogyakarta. Tempat Makan ini cukup besar dan pasti akan terlihat dari pinggir jalan, kareng ada tulisan yang cukup besar “Tengkleng Gajah”.

Begitu masuk, kita bisa langsung pesan di konter / loket pemesanan. Tempat makannya cukup luas. Di salah satu meja ada nasi, piring, dan alat makan. Jadi nasi nya kita boleh ambil sendiri, bebas sepuasnya.

Menunya beragam dan serba daging kambing. Ada Tengkleng dengan berbagai variasi kuah, ada sate, ada tongseng, jeroan dan nasi kambing. Kami pesan tengkleng, tongseng, dan sate.

Tidak berapa lama (kurang dari 15 menit), pesanan kami datang. Cukup kaget juga karena biasanya makanan olahan daging agak lama menyiapkan menunya, tampaknya menu makanan sudah siap dan tinggal ambil aja.

Langsung saja kami santap, rasanya enak dan ok, sampai nggak kuat perut..

 

Well, layak untuk di kunjungi lagi, tengkleng Gajah.